Cara Mengatasi Gagal Upgrade 4g Telkomsel Tanpa Ganti Kartu

Cara Mengatasi Gagal Upgrade 4g Telkomsel Tanpa Ganti Kartu


Mengikuti perkembangan dan inovasi teknologi, membuat kartu SIM prabayar jadul harus melakukan upgrade dari jaringan 3G ke jaringan 4G untuk merasakan kecepatan internet yang lebih maksimal. Salah satunya adalah telkomsel yang kini sudah tersedia di jaringan 4G.

Selain alasan untuk menikmati kecepatan internet yang lebih memuaskan, melakukan upgrade 4G juga menjadi keharusan bagi anda pemilik kartu telkomsel versi lawas yang ingin mengganti smartphone baru. Sebab ukuran chip kuningan pada simcard telkomsel  jadul yang lebih besar sudah tidak dapat dipasang di smartphone keluaran terbaru yang kini memiliki tempat simcard lebih kecil ukuran nano.

Berbeda dengan kartu lawas Provider Indosat, ukuran kuningan pada kartu Indonsat versi  lawas masih cocok dan dapat dipotong menjadi ukuran nano.

Proses upgrading jaringan dapat dilakukan dengan 2 cara yakni dilakukan secara mandiri dan langsung aktivasi di GRAPARI. Kalau ingin upgrade 4G online atau secara mandiri, anda dapat membeli kartu perdana kosong telkomsel di outlet terdekat dan ikuti seluruh langkah- langkahnya. Sedangkan untuk upgrade melalui GRAPARI, anda bisa mendatangi kantor GRAPARI yang terdekat dari rumah anda.

Khusus untuk artikel ini, saya akan menceritakan pengalaman tentang mengatasi  gagal upgrade 4g tsel secara mandiri atau online yang mengakibatkan kartu rusak dan tidak dapat dipakai.

Alasan saya memilih melakukan upgrade secara mandiri karena letak kantor GRAPARI lumayan jauh dari tempat tinggal saya. Maka dari itu saya memutuskan untuk membeli kartu perdana kosong 4G telkomsel di outlet terdekat.

Terdapat 2 langkah yang harus dilakukan untuk melakukan upgrade secara mandiri. Setelah membeli kartu perdana kosong 4G telkomsel, yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mendapatkan Token atau PIN melalui simcard lama anda.

Cara upgrade 4G telkomsel online sebagai berikut:


  • Hubungi dial *888*46# melalui ponsel yang masih terdapat kartu sim lama anda.
  • Lalu Pilih ‘Menu 1’
  • Selanjutnya masukkan nomor kartu yang akan diupgrade ke 4G.
  • Pilih “Ya”
  • Jangan lupa untuk mencatat Token/PIN yang telah anda dapatkan.
  • Setelah itu, Keluarkan kartu SIM lama Anda dari ponsel
  • Langkah selanjutnya adalah  Masukkan kartu SIM 4G Anda yang baru ke dalam ponsel yang sama. Apabila sebelumnya anda menempatkan kartu lama di SIM 1, maka kartu yang baru harus ditempatkan di SIM 1 juga, begitu juga sebaliknya.
  • Lalu setelah kartu sim baru terpasang, Hubungi dial *888*46#
  • Pilih Menu 2
  • Pilih “Ya”
  • Selanjutnya Masukkan nomor hp telkomsel lama Anda
  • Masukkan Token/PIN yang anda dapatkan sebelumnya
  • Pilih “Ya”
Permintaan ganti ke kartu 4G telah selesai. Setelah itu tunggu SMS konfirmasi ganti ke kartu 4G berhasil. Jika Anda tidak menerima SMS konfirmasi dalam waktu 15 menit, silahkan matikan dan nyalakan kembali ponsel Anda.

Setelah 15 menit melakukan semua proses di atas, saya mendapatkan notifikasi untuk melakukan registrasi kartu prabayar nomor hp baru, seperti mengirim no.KK, dan no. NIK ke nomor 4444. Lalu setelah saya ikuti langkah langkahnya dengan format yang disarankan, beberapa menit kemudian saya mendapatkan notifikasi seperti ini:

“Maaf Proses Upgrade 4G Anda Gagal, Silahkan ulangi kembali Dapatkan PIN 4G dengan menggunakan kartu lama anda”

Anehnya setelah mendapatkan pin baru dan memasukkan sim baru, kartu yang  baru saya beli tiba- tiba tidak ada sinyal. Awalnya saya mengira di daerah saya tidak support 4G, ternyata kartu perdana yang baru saya beli sudah rusak setelah gagal melakukan upgrade sebelumnya.

Selanjutnya saya coba menghubungi Customer Sevices Telkomsel melalui twitter. Untungnya langsung mendapat respons, Pihak telkomsel meminta data nomor hp, lokasi, dan tanggal kejadian gagal upgrade. Setelah mengirim data, beberapa menit kemudian saya mendapatkan balasan lagi.

Berikut ini merupakan isi balasan dari pihak customer service telkomsel:

Makasih untuk datanya. Mimin cek nomor 085xxxxxxxxx dalam keadaan aktif. Mengenai gagal upgrade 4G, disarankan kunjungi GraPARI terdekat agar dapat dibantu proses lebih lanjut dengan ketentuan sebagai berikut ya:

1. Membawa SIM Card,
2. Membawa e-KTP asli yang dimiliki. Apabila belum memiliki e-KTP, Kakak dapat membawa Surat Keterangan (Suket) asli dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah dan wajib melampirkan Kartu Keluarga (KK) asli,
3. Apabila berhalangan hadir, proses dapat diwakilkan dengan melampirkan surat kuasa bermaterai 6000 dari pemilik nomor, e-KTP asli pemberi dan penerima kuasa serta Kartu Keluarga asli,
4. Penerima kuasa harus terdaftar dalam satu Kartu Keluarga :)

Pada akhinya saya harus mendatangi kantor GRAPARI juga haha. Okelah keesokan harinya saya menuju GRAPARI. Proses upgrade tidak membutuhkan waktu lama, saya hanya menunjukkan ktp lalu proses upgradepun dilakukan dan sekarang kartu saya telah di upgrade dari 3G ke 4G tanpa mengganti kartu. Semua prosesnya gratis dan saya juga mendapatkan paket data gratis sebesar 15 GB untuk sebulan.

Bagi anda yang memiliki keluhan yang sama dengan saya mengenai gagal upgrade 4G telkomsel secara online atau mandiri, anda bisa mengikuti cara di atas, yaitu hubungi customer service telkomsel untuk mendapatkan arahan lebih lanjut, atau bisa langsung mendatangi kantor GRAPARI terdekat dengan membawa berkas- berkas yang sudah disebutkan di atas. Cari gerai GRAPARI terdekat melalui website Telkomsel.Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel